Minggu, 28 Agustus 2011

Sistem Jaringan Komputer


Hoi, kali ini saka mau ngebahas materi TIK Kelas XII. Sebenarnya materi buat kelas XII ada banyak gan ! Tapi Saka bakal ngebahas materi awal. Sebelumnya ini daftar materi TIK yang nantinya akan dibahas !

  1. Sistem Jaringan Komputer

  2. Jenis – Jenis Jaringan Komputer

  3. Topologi Jaringan

  4. Komponen Jaringan

  5. Network Protocol

  6. Pengkabelan UTP

  7. Dasar-Dasr TCP/IP

Nah, yang bakal Saka bahas materi Sistem Jaringan Komputer dan Jenis-Jenis Jaringan Komputer .

SISTEM JARINGAN KOMPUTER

Apa itu Sistem jaringan komputer?

Sekelompok hardware seperti PC, Printer, dan peralatan lain yang terhubung satu sama lain dan masing-masing terjadi interaksi komunikasi.

Konfigurasi Jaringan

Peer to peer : Konfigurasi ini biasanya melibatkan kurang dari 10 komputer (station)

Client/Server : Konfigurasi client/server lebih cocok untuk jaringan skala besar. Dalam konfigurasi ini terdapat satu komputer sebagai pusat kendali yang disebut dengan Server


JENIS -JENIS JARINGAN KOMPUTER

LAN (Local Area Network)

Suatu sistem yang menghubungkan komputer dan peralatan lain bersama-sama dalam sebuah jaringan yang tidak luas, seperti di dalam satu kantor atau gedung.

WAN (Wide Area Network)

Suatu sistem jaringan yang menghubungkan antar jaringan lokal yang satu dengan yang lain, sehingga terbentuk sistem jaringan yang lebih luas


WLAN (Wireless Local Area Network)

Prinsipnya sama dengan LAN, tetapi medium tranformasi data berbeda. Jika LAN menggunakan medium kabel, tetapi WLAN menggunakan medium gelombang elektromagnetik.


MAN (Metropolitan Area Network)

Prinsipnya sama dengan LAN, tetapi medium tranformasi data berbeda. Jika LAN menggunakan medium kabel, tetapi WLAN menggunakan medium gelombang elektromagnetik.


Internet

Sebuah sistem jaringan global, yaitu jaringan komputer seluruh dunia yang melibatkan berbagai infrastruktur jaringan seperti DNS Server, Web server, E-Mail Server, dan lain-lain


Intranet

Intranet adalah miniatur jaringan internet yang biasanya berorientasi pada sebuah jaringan lokal suatu kantor atau gedung.


Extranet

Extranet memiliki skala lebih luas dibandigkan intranet. Extranet biasanya diterapkan untuk perusahaan-perusahaan besar yang memiliki gedung atau cabang-cabang yang berjauhan atau kolaborasi beberapa perusahaan yang berbeda.


0 komentar:

Posting Komentar