Sabtu, 06 April 2013

REVIEW : CLOUD ATLAS



*movie review* 55th

CLOUD ATLAS

"Everything is connected"

Malam minggu ini saya sempatkan menonton sebuah film garapan tiga sutradara sekaligus dengan jajaran cast yang sudah terkenal dan tidak diragukan lagi kualitas aktingnya. Film yang diangkat dari novel best seller berjudul sama ini dengan durasi yang cukup panjang yaitu hampir tiga jam! Namun, anda akan dibuat terus penasaran dan dengan jalinan cerita yang saling menyambung satu sama lain serta sinematografi yang ciamik.

Cloud Atlas secara keseluruhan bercerita tentang kehidupan di masa lalu, masa sekarang serta masa depan yang saling terkait satu sama lain. Di dalamnya, film ini terbagi menjadi enam segmen cerita dengan latar belakang yang berbeda, setting tempat dan waktu yang berbeda dengan plot terpisah, namun terdapat benang merah yang menghubungkan antar segmen. Saran saya, kalau menonton film ini, harus benar-benar teliti dan konsentrasi, karena miss satu scene saja mungkin akan membuat anda kehilangan kata kunci utama film ini. Segmen pertama, pada tahun 1800an mengisahkan seorang seorang pengacara muda Adam Ewing (Jim Sturgess) mengikuti pelayaran pasifik bersama dengan keluarganya yang pebisnis budak, dimana nyawanya terancam dan diselamatkan oleh seorang budak. Segmen kedua, tahun 1930 mengisahkan seorang komposer muda Robert Frobisher (Ben whisaw) yang bekerja pada seorang komposer lanjut usia Vyvyan Ayrs (Jim Broadbent). Pada segmen ketiga, di tahun 1970an seorang jurnalis Luisa Rey (Halle Berry) ayng secara tidak sengaja terlibat dalam suatu konspirasi reaktor nuklir. Segmen keempat, pada tahun 2012, bercerita tentang pemilik percetakan buku Timothy cavendish (jim broadbent) yang mengalami krisis dan terlibat hutang piutang. Di segmen kelima, beralih di masa depan tahun 2100an bercerita tentang manusia kloning Sonmin-451 (Donna Bae) yang menemukan sebuah kebenaran memuakkan tentang jati dirinya dan mencari kebebasan untuk hidup. Di segmen terakhir, pada masa post-appocalypse yang bercerita tentang kehidupan suku pedalaman yang didatangi oleh seoang manusia modern dan membeberkan apa yang sebenarnya terjadi di dunia yang di amabang kehancuran.

Bisa saya katakan, Cloud Atlas merupakan sebuah karya materpiece yang keren (IMO). Sinematografinya bener2 keren, score film ini meskipun hanya instrumental namun sangat sangat mengena. Memang, di awal film kita masih dibuat bingung dengan enam cerita yang saling meloncat dengan editing yang cepat. Lambat laun, akan ketahuan apa yang hendak disampaikan. Settingnya keren apalagi gambaran Neo Seoul, dan dipersiapkan dengan baik, siapa menyangka mulai dari tahun 1800 sampai post-appocalypse tergabung dalam satu jalinan cerita. Oh ya, jangan lupa make up nya totalitas! Anda mungkin tidak tahu kalau bintang film yang sama akan muncul berulang kali dengan karakter berbeda. A well-done, and a must-see movie. Selamat nonton dan ingat, teliti !

Overall: 8,9/10

0 komentar:

Posting Komentar